Total Tayangan Laman

Selasa, 12 Februari 2013

Cara Mengatasi Masalah Catridge Printer Canon (Semua Tipe)



Malam ini sebenarnya aku sendiri bingung, akan membuat postingan apa untuk blog ini. Maklum kehidupan riil benar-benar menyita pikiranku dalam menemukan inspirasi baru untuk menambah koleksi di blog yang sangat sederhana ini. Bahkan saat mulai menulis, pikiranku masih saja berkecamuk dari mana tulisan ini dimulai.

Hm... ok lah, berkaca pada dua hari terakhir ini bisa jadi hal yang klasik untuk diposting. Ini pengalaman nyata. Dua hari terakhir aku sedikit disita oleh printer, lebih fokus perkara Cartridge Printer Canon (semua tipe). Printernya sih gak ngadat, Cuma cartridge-nya yang sedikit ngambek tidak mau melakukan tugasnya dengan baik. Hasil cetakan printer jauh dari kata sempurna, cartridge warna hanya muncul satu warna saja, yaitu warna cyan sedang warna yellow dan magenta-nya sama sekali tidak mau keluar. Aku coba Deep Cleaning hingga lebih dari 10 kali tidak juga berbuah hasil.

Bermodal nekat, akhirnya putusan jatuh untuk membongkar paksa cartridge-nya (Wuuuihh... ego laki-lakinya keluar, hehehe). Satu keberanian yang berlebihan karena sebagai pemula yang tidak didukung oleh perlengkapan dan pengetahuan yang cukup, dijamin konsekuensinya lebih besar. Peluang berhasil 50-50. Tapi, setelah melakukan tahapan dengan sangat hati-hati ternyata malah bukan sekedar berhasil namun juga dapat ilmu baru dari pengalaman dua hari terakhir ini.

Memang sih, dari beberapa laman yang aku  kunjungi memiliki variasi tertentu namun pada intinya sama. Dan yang pasti baru kali ini aku sedikit nekat dalam menerapkan itu semua demi kesembuhan Cartridge Printer Canon.

So, berikut tips & trik dalam memperbaiki Cartridge Printer Canon yang bermasalah:




  1. Langkah awal usahakan punya nyali yang cukup besar, karena sedikit saja melakukan kesalahan dijamin lumayan ngeruk isi dompet untuk beli cartridge yang baru.
  2. Sediakan piring, alat menggayung atau gelas/muk yang terbuat dari plastik dan lem
  3. Siapkan air hangat secukupnya (Loh? Kok semuanya alat-alat untuk menyiapkan suatu masakan? Tenang, ini bagian dari alat ala kadarnya.. ok... serius loh ini)
  4. Ambil Cartridge-nya dari printer lalu buka bagian atas Cartridge, congkel dengan pisau/obeng kecil.
  5. Ambil semua gabus yang ada di dalam Cartridge, letakkan di tempat yang bersih
  6. Tuangkan air hangat ke dalam piring, lalu rendam bagian Head Cartridge (tempat keluarnya tinta) namun jangan direndam semuanya, karena namanya elektronik selalu rawan saat bertemu air. Biarkan selama 10-15 menit
  7. Gabus yang sudah di ambil tadi siram dengan air panas hingga benar-benar bersih. Setelah itu keringkan hingga benar-benar tidak ada air walaupun Cuma sekedar rembesan air, yang pasti harus benar-benar kering. (Bisa dikeringkan dengan dijemur di bawah sinar matahari)
  8. Cartridge yang sudah di rendam diangkat lalu bersihkan dengan tissu pada bagian dalam Cartridge hingga benar-benar bersih, tidak ada tinta yang membekas.
  9. Bersihkan juga bagian Head Cartridge-nya, namun ingat jangan terlalu keras saat membersikan, tergores sedikit saja elemen-nya maka Cartridge bisa rusak/tidak bisa terpakai lagi
  10. Setelah Cartridge benar-benar bersih, dan gabus sudah kering total, maka masukkan lagi gabusnya seperti semula. Lalu rapatkan tutup Cartridge-nya dengan lem. Biarkan hingga lem kering.
  11. Selanjutnya, masukkan tintanya, jika Cartridge warna, ukuran Cyan, Magenta, dan Yellow harus sama banyaknya. Sedikit saja berbeda, nanti hasil cetakan printernya tidak akan sempurna. (Isi tinta jangan terlalu sedikit, atau bahkan berlebihan)
  12. Langkah terakhir, masukkan Catridge ke dalam printer, lakukan Deep Cleaning (bukan Cleaning saja) hingga hasilnya perfect.

Analisis Cartridge Printer Canon:
  1. Jika cartridge di letakkan di tissu halus, tinta keluar dengan sempurna tapi tidak bisa ketikan melakukan print dan hasilnya masih bergaris, berbayang-bayang, artinya Cartridge sudah minta ganti dengan yang baru
  2. Jika Cartridge diletakkan di tissu tapi tidak bisa mengeluarkan tinta atau bahkan keluarnya tinta sangat banyak, itu artinya terjadi buntu (tersumbat) pada Head Cartridge, masih bisa ditolong.
  3. Jika hasil cetakan warna kuning menjadi hijau dan sebagainya, itu artinya tinta di salah satu warnanya lebih banyak/sedikit dari warna yang lain. Sebaiknya lakukan dengan trik di atas.

Tips merawat printer agar tetap awet:
  • Printer minimal harus hidup satu kali dalam 24 jam untuk mencegah buntu/tersumbat, tinta membeku dalam Cartridge
  • Jika melakukan print warna hitam saja, minimal printer harus istirahat selama 1 menit jika kita sudah menghasilkan print sebanyak setiap 25 lembar kertas, setelah 1 menit bisa dilanjutkan lagi
  • Jika melakukan print warna, minimal istirahatkan printer selama 1 menit setiap setelah menghasilkan cetakan sebanyak 4 lembar kertas.

Trik ini berlaku bagi printer Canon tanpa modif atau pun yang modif.
Selamat mencoba, dan yang pasti semoga berhasil

Ini pengalamanku, Apa pengalamanmu? :D 
 

19 komentar:

Anonim mengatakan... Reply Comment

trims,infonya sangat bermanfaat

abi fafa mengatakan... Reply Comment

Makasih infonya, patut dicoba nih. Tapi kadang juga penyebab cetakan bergaris karena pita sensor kotor. Salam Kenal Pena Jawara

akangdian bandung mengatakan... Reply Comment

thanks untuk infonya brow...

Raja Balap mengatakan... Reply Comment

Thank infonya gan, smoga ngikutin caranya behasil...!!!!!!!!!!!

Stefni Zakaria Sorongan mengatakan... Reply Comment

thanks bro,,,

Sayid Sidik mengatakan... Reply Comment

modalnya nekat ya? haha

Sayid Sidik mengatakan... Reply Comment

kemarin saya coba untuk membongkar cartridge 810.
ternyata isinya cuma gitu doang.
terlalu simpel.
kalau masalah head, tergantung pada keberuntungan.
3 cartridge 810 yang berhasil hanya 1.
thanks atas infonya.
terima kasih juga sudah berbagi.

BINTANG 7 mengatakan... Reply Comment

puuaaahhhhhh............nangka nakkarowww...purani lubolo waiiii hangat nahhhhhhh na pelew masolang mhyyyyyyy......aiissss ikottuuuww mupagguruww salamiii lupodakko matuww bapakuu... tajennii......sokong memenni tellacoooooo











nasirr browww mengatakan... Reply Comment

iya iro nagge yasee.ee

Anonim mengatakan... Reply Comment

mantab terima kasih mohon izin semuanya...

sakura mengatakan... Reply Comment

keren blog nya.. saya dari kemaren2 bikin blog koq gak bisa ya pake masukin lagunya..:) hehe,.. belajar lagi deh.

Anonim mengatakan... Reply Comment

kenapa ya pada saat pengisian tinta malah keluar tinta dari bawah katrik?

reihan ahmadi mengatakan... Reply Comment

punya saya udah saya coba,,tapi gx mau keluar juga,,lek kebanyakan banjir tintanya

G is for Glory mengatakan... Reply Comment

thank you sharing nya Gan. bermanfaat **sedang pusing dengan catridge

Anonim mengatakan... Reply Comment

wahhhhh,,,bagus juga modalnya,,, coba ada gambar si agannya yg lagi nekat,,,hhehe

Ahmadi Hamzah mengatakan... Reply Comment

aku mau coba juga ahh....

Yudi Black mengatakan... Reply Comment

thaks Gan atas Info info nya....
Hari ini juga Ane Coba....soalnya dah bingung ne catridge mau di apain lagi+modal nekad aja lngsung praktek.....semoga berjalan dengan lancar n makin pinter ne catridge nya...hehehehe

YEYEND mengatakan... Reply Comment

terima kasih,,sangat membantu..

Sherry mengatakan... Reply Comment

aku malah fokus sama soundtrack nya :p bagus bagus bagus.
#gak bener banget :p
tapi mau aku coba deh. jd montir printer B) hehehehe

Poskan Komentar

Popular Posting

Link & Banner

Binus Hacker - Independent Hacking Community
Tips Kecantikan
CeritaKu-Blognya_Teman
SAHABATKU
yunizar.com
 MasTer Q | Cinta | Cerita Motivasi | Blog | Facebook |  Hikmah
Ilmu Blogger

Update Status FB