Total Tayangan Halaman

Selasa, 03 September 2013

JUDUL SKRIPSI DAN ABSTRAK - JURUSAN IPS / EKONOMI




ABSTRAK SKRIPSI

Nama                           : U M Y A N A
Jurusan                        : P. IS\PS/P. Ekonomi
Program                       : S.1

Judul Penelitian : ” Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Kepala Bernomor ( Numbered Head Together ) Untuk Meningkatkan  Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kopetensi Dasar Pasar Kelas X-1 Di MAN 2 Situbondo Semester 1 Tahun Pelajaran 2009/2010”


I.        Latar Belakang Masalah

             Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang baik. Menurut Nurhadi (dalam Hobri,2009:44) yang mengatakan bahwa model pembelajaran kooperatif terdiri dari empat pendekatan yaitu: STAD (Student Teams Achievenment Division), Jigsaw, IK (Investigasi Kelompok) dan pendekatan struktural. Pendekatan struktural  terdiri dari dua tipe yaitu tipe Think Pair Share dan tipe Numbered Heads Together (NHT). Dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang memberikan manfaat bagi siswa yaitu siswa mampu memiliki rasa tanggung jawab atas soal yang dikerjakan.
            Model pembelajaran kooperatif tipe NHT merupakan pembelajaran kelompok untuk menyelesaikan tugas dengan langkah–langkah penomoran, pengajuan pertanyaan, berfikir bersama, memberikan jawaban. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat memberikan tanggung jawab kepada siswa untuk mengerjakan soal yang dikerjakan sesuai dengan nomor soal yang diberikan oleh guru. Selain itu kelebihannya dapat memberikan jawaban yang variatif sehingga siswa tidak ada kesempatan untuk mencontek hasil pekerjaan siswa lain. Melihat penguasaan siswa terhadap mata pelajaram Ekonomi khususnya pokok bahasan pasar, maka dalam penelitian ini model pembelajaran yang dipilih adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together), karena pada model ini siswa menempati posisi sangat dominan dalam proses pembelajaran dan terjadinya kerja sama dalam kelompok dengan ciri utamanya adanya penomoran sehingga semua siswa berusaha untuk memahami setiap materi yang diajarkan dan bertanggungjawab atas nomor anggotanya masing-masing. Dengan pemilihan model ini diharapkan pembelajaran yang terjadi dapat lebih bermakna dan memberi kesan yang kuat kepada siswa.
            Untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah belum berlangsung seperti yang diharapkan. Madrasah Aliyah merupakan lembaga naungan dari Kementerian Agama sedangkan SMA merupakan naungan Kementerian Pendidikan, sehingga peneliti lebih memilih Madrasah Aliyah karena belum diadakan penelitian sejenisnya.
            Dengan adanya peneliti memilih Madrasah Aliyah Negeri 2 Situbondo Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo maka peneliti ingin menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) karena peneliti adanya dukungan pihak sekolah dan hasil belajar siswa yang masih rendah di kelas X-1. Alasan lain, guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang bercorak teoritis dan hafalan sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung kaku, monoton dan membosankan. Mata pelajaran Ekonomi belum mampu melekat pada diri siswa sebagai sesuatu yang rasional, kognitif, emosional dan efektif. Saat ini metode pembelajaran Ekonomi yang sudah ada dan banyak dilaksanakan di Madrasah Aliyah adalah diskusi kelompok. Dengan menggunakan metode ini para siswa diharapkan dapat saling belajar bekerja sama dan saling berkomunikasi secara lisan sehingga mampu memecahkan masalah yang didiskusikan. Pemilihan materi pokok pasar disebabkan oleh siswa mudah mengaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari sehingga mudah untuk diingat tanpa harus menghafal.
            Mengingat peran pendidikan tersebut maka sudah seyogyanya aspek ini menjadi perhatian pemerintah dalam rangka meningkatkan sumber daya masyarakat Indonesia yang berkualitas. Ekonomi sebagai salah satu mata pelajaran disekolah dinilai cukup memegang peranan penting dalam membentuk siswa menjadi berkualitas, karena Ekonomi merupakan suatu sarana berfikir untuk mengkaji sesuatu secara logis dan sistematis. Karena itu, maka perlu adanya peningkatan mutu pendidikan Ekonomi. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah peningkatan prestasi belajar Ekonomi di sekolah.
            Penggunaan metode diskusi kelompok pun belum mampu melibatkan setiap siswa ke dalam kegiatan pembelajaran secara aktif, kreatif, efektif, dan menyenagkan. Hanya siswa tertentu yang terlibat dalam proses diskusi secara dialogis dan interaktif. Akibatnya, ilmu pengetahuan sosial belum mampu menjadi mata pelajaran yang disenangi dan dirindukan siswa. Imbas lebih jauh dari kondisi pembelajaran semacam itu kegagalan siswa dalam mengembangkan pengetahuan utamanya ilmu pengetahuan sosial, serta sikap positif terhadap Ekonomi untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menerapkan sebuah inovasi pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok model kepala bernomor.
            Berdasarkan pengalaman empirik di lapangan, menggunaan metode diskusi kelompok memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan metode ceramah, misalnya yang selama ini mendominasi kegiatan pembelajaran. Melalui metode ini kegiatan pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru. Siswa diharapkan lebih aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan guru hanya memposisikan diri sebagai fasilitator pembelajaran.
            Berdasarkan pemikiran diatas, maka peneliti tertarik untuk melakukan  penelitian yang berjudul “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Kepala Bernomor (Numbered Heads Together) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Pokok Pasar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-1 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Situbondo Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010”.

SELENGKAPNYA >>>>>>
download

SEMOGA BERMANFAAT





12 komentar:

juanbione mengatakan... Reply Comment

saya mw tanyak soal nokia 5bc

Blogger mengatakan... Reply Comment

Do you understand there's a 12 word phrase you can communicate to your crush... that will induce intense feelings of love and impulsive attractiveness for you buried within his heart?

Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, adore and look after you with all his heart...

12 Words Will Fuel A Man's Desire Response

This impulse is so hardwired into a man's brain that it will drive him to try harder than before to do his best at looking after your relationship.

Matter-of-fact, fueling this mighty impulse is so important to getting the best possible relationship with your man that the second you send your man one of the "Secret Signals"...

...You'll soon find him open his heart and soul for you in such a way he's never expressed before and he'll distinguish you as the only woman in the universe who has ever truly tempted him.

Cevat mengatakan... Reply Comment

düzce
edirne
elazığ
erzincan
erzurum
eskişehir
giresun
HRQ636

Rasul mengatakan... Reply Comment

Dereköy
Çamkule
Elmalı
Asartepe
Davutlar
CML7GV

Eloise22 mengatakan... Reply Comment

yozgat
tunceli
hakkari
zonguldak
adıyaman
0UB

TimeExplorer9000 mengatakan... Reply Comment

yalova
yozgat
elazığ
van
sakarya
4EİZLC

MatrixRogue777 mengatakan... Reply Comment

görüntülüshow
ücretli show
K6KGA

DenizKızıDüşleri58 mengatakan... Reply Comment

https://titandijital.com.tr/
mersin parça eşya taşıma
osmaniye parça eşya taşıma
kırklareli parça eşya taşıma
tokat parça eşya taşıma
7Dİ

647ECLogan2AAFA mengatakan... Reply Comment

901B5
buy boldenone
pharmacy steroids for sale
buy oxandrolone anavar
Eryaman Alkollü Mekanlar
Çorum Evden Eve Nakliyat
Kripto Para Nedir
Afyon Evden Eve Nakliyat
Amasya Evden Eve Nakliyat
Silivri Cam Balkon

6185CKeith54C95 mengatakan... Reply Comment

FB406
Bolu Şehirler Arası Nakliyat
Kocaeli Şehirler Arası Nakliyat
Karabük Parça Eşya Taşıma
Pursaklar Fayans Ustası
Sakarya Lojistik
Yalova Şehirler Arası Nakliyat
Gölbaşı Parke Ustası
Batıkent Boya Ustası
Bitrue Güvenilir mi

8047ATaraB97A1 mengatakan... Reply Comment

A5340
Spotify Dinlenme Satın Al
Sohbet
Twitter Beğeni Hilesi
Linkedin Takipçi Satın Al
Omlira Coin Hangi Borsada
Binance Nasıl Oynanır
Caw Coin Hangi Borsada
Threads İzlenme Hilesi
Facebook Grup Üyesi Satın Al

B3B27Roy925C2 mengatakan... Reply Comment

8C9FD
yearn
shiba
uniswap
poocoin
solflare
shiba
sushi
trezor suite
looksrare

Posting Komentar

Popular Posting

Link & Banner

Binus Hacker - Independent Hacking Community
Tips Kecantikan
CeritaKu-Blognya_Teman
SAHABATKU
yunizar.com
 MasTer Q | Cinta | Cerita Motivasi | Blog | Facebook |  Hikmah
Ilmu Blogger
free counters

Update Status FB