Total Tayangan Halaman

Rabu, 29 Februari 2012

laporan PKL (Program Kuliah Lapangan) di P4TK Matematika Yogyakarta.

Ini temen ane yang pesan sama ane... padahal ane kalo dikirim via email kan bisa, tapi ya sudahlah demi temen ane bakal tetep share tentang laporan PKL (Program Kuliah Lapangan) di P4TK Matematika Yogyakarta. judulnya PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK

OK langsung ke inti topic...


BAB I
PENDAHULUAN

A.        Latar Belakang

Sejauh ini paradigma pembelajaran matematika di sekolah masih didominasi oleh paradigma pembelajaran konvensional yakni paradigma mengajar. Siswa diposisikan sebagai objek, siswa dianggap tidak tahu apa-apa, siswa dianggap seperti gelas kosong yang harus diisi air. Sementara guru memposisikan diri sebagai orang yang mempunyai pengetahuan, sebagai satu-satunya sumber ilmu. Guru ceramah, menggurui, dan otoritas tertinggi terletak pada guru.
Sebenarnya dalam pendidikan terdapat perbuatan belajar baik siswa maupun guru. Kegiatan belajar menimbulkan terbentuknya kebiasaan yang berupa tingkah laku yang semakin terampil dan efisien. Kegiatan belajar ini bertujuan untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang permanen dan lebih maju.
Penekanan yang berlebihan pada isi dan materi diajarkan secara terpisah. Materi pembelajaran matematika pun diberikan dalam bentuk jadi, sehingga membuat siswa tidak mampu dengan baik tentang apa yang mereka pelajari. Penguasaan dan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika sangat lemah dan tidak mendalam. Akibatnya, prestasi belajar matematika siswa rendah.
Hampir setiap tahun matematika dianggap sebagai batu sandungan bagi kelulusan sebagian besar siswa. Selain itu, pengetahuan yang diterima siswa secara pasif menjadikan matematika tidak bermakna bagi siswa. Paradigma mengajar seperti ini tidak dapat lagi dipertahankan dalam pembelajaran matematika di sekolah sekarang. Sudah saatnya paradigma mengajar diganti dengan paradigma belajar.
Dalam paradigma belajar siswa diposisikan sebagai subjek. Pengetahuan bukan sesuatu yang sudah jadi, melainkan suatu proses yang harus digeluti, dipikirkan, dan dikontruksi oleh siswa, tidak dapat ditransfer kepada mereka yang hanya menerima secara pasif. Dengan demikian, siswa sendirilah yang harus aktif.

Selengkapnya DOWNLOAD filenya di sini


 "SEMOGA BERMANFAAT"

 

1 komentar:

Bambu Awi mengatakan... Reply Comment

hm...harus didownload dulu ya...

Posting Komentar

Popular Posting

Link & Banner

Binus Hacker - Independent Hacking Community
Tips Kecantikan
CeritaKu-Blognya_Teman
SAHABATKU
yunizar.com
 MasTer Q | Cinta | Cerita Motivasi | Blog | Facebook |  Hikmah
Ilmu Blogger
free counters

Update Status FB