Total Tayangan Laman

Jumat, 13 Januari 2012

Cara Mengatasi Handphone (HP) Yang Mati Gara-Gara Terkena Air

 Ini pengalaman ane pribadi tepatnya kemarin waktu ane lagi dinas luar, Pas diperjalanan ane kena hujan. Lupa bawa mantel yang akhirnya full body ane basah... termasuk tas ane... Untungnya Laptop ane gak apa-apa, tapi malang tak dapat ditolak kata pepatah, Handphone ane mati total gara-gara air hujan masuk ke dalam HP ane... Bingung, was-was takut HP ane tak bisa diselamatkan.... So, pas nyampe rumah ane segera lakukan pertolongan pertama.... hehehe kayak dokter aja pake pertolongan pertama.... hm... apapun bentuknya langsung aja bijimana cara ane melakukan pertolongan pertama pada HP ane... OK.... Let's Joined.....!!!


  1. Setelah tau kalau HP kita mati gara-gara kemasukan air, jangan pernah mengaktifkannya untuk memastikan jika ponsel itu masih bisa bekerja
  2. Segera lepas / keluarkan Battery, SIM-Card, Memory Card dari HP. Kalo memungkinkan ente bisa buka Casing, bukalah Casing HP tersebut.
  3. Keringkan dengan cahaya lampu (biar hangat), jangan gunakan cahaya matahari karena bisa mengakibatkan sel-sel warna pada layar LCD HP rusak. Atau juga bisa menggunakan kipas angin, Hair Drier (Pengering Rambut), atau pembersih debu lantai (Vacum Cleaner) kalo ada.
  4. Keringkan dalam waktu yang agak lama (Minimal 12-24 jam, kalo perlu 1-2 hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal).
  5. Kalo lebih ingin HP sembuh secara maksimal, berikan cairan khusus pada lubang connector charger (lubang untuk nge-cas di HP) dan Interface Connector (Logam kuningan penghubung baterai) dengan cairan alkohol atau lebih baik gunakan cairan Contact Cleaner anti karat terus tunggu sampai kering. Nah, sambil nunggu sediakan kopi hangat plus camilan (makanan ringan) biar gak bosen menunggu... hehehe...
  6. Okay, lanjut.... Setelah proses pengeringan dirasa cukup, coba pasang dan aktifkan / hidupkan HP. Kalo masih mengalami error pada beberapa fungsinya dan HP terasa hangat/panas segera ulangi proses seperti di atas.
  7. Ane rasa itu cukup, seperti yang ane alami kemarin dan HP ane bisa normal kembali, sembuh total.
 
 Perlu diingat, langkah tersebut di atas hanya bisa kita untuk mengatasi HP yang terkena air hujan, HP nyemplung/tercebur atau masuk ke dalam air dalam waktu yang sekejap. Biasanya bila hal itu terjadi, HP akan restart dengan sendirinya (hidup lagi mati lagi hidup lagi), berkedip-kedip, terparah HP mati total seperti punya ane (Unfunction). Segera lakukan langkah-langkah di atas. 



Jika langkah-langkah di atas masih belum mempan juga, segera bawa ke counter HP yang menyediakan servis khusus HP. atau juga ganti aja dengan yang baru.... dijamin beres.... hehehehe....


Paling akhir, itu pengalaman ane.... langkah-langkah tersebut ane praktikkan kemarin (12/01/2012) dan terbukti kebenarannya... cieeeh.... So, semoga pengalaman ane bisa bermanfaat untuk semua...


JANGAN LUPA KOMENG.....!!!

 BUKU TAMU-NYA JUGA JANGAN LUPA DIISI YA,,, 
TUH DI BAWAHNYA BENDERA INDONESIA 
DI BLOG INI..!!!!




18 komentar:

Anonim mengatakan... Reply Comment

udah terlanjur nyobain dinyalain hingga 5x ini.. gimana ya??

MOCH. SAHRODI mengatakan... Reply Comment

@Anonim: Sepengalaman ane kagak masalah gan.... malah waktu itu punya ane, ane nyalain lebih dari 10 x, itu sebelum ane tau trik ini. Trims dah berkunjung...

caraBisnisPulsa mengatakan... Reply Comment

Kalo mati lampu keypadnya gimana nih Gan??

MOCH. SAHRODI mengatakan... Reply Comment

@caraBisnisPulsa: tergantung kerusakannnya gan... kalo cuma lampu indikator keypadnya yang mati tapi fungsi keypad masih normal ya gak apa2 gan. Makasi sudah berkunjung

Nur.L mengatakan... Reply Comment

duh gan hape ane yg samsung monte s5620 kena aer dikit sih tp layar bagian pojok bawah sebelah kiri jadi ga sensitif ...
berlaku ga ya tips itu buat hp touchscreen

MOCH. SAHRODI mengatakan... Reply Comment

@Nur.L: Kalo touchscreen secara langsung saya belum pernah mengalaminya sendiri gan... iya dicoba saja, yang penting tidak merusak beberapa komponennya... :D

Anonim mengatakan... Reply Comment

habis kemasukan air langsung pake pertolongan pertama gan, udah bisa tapi bentaran layarnya mati haduh..

MOCH. SAHRODI mengatakan... Reply Comment

Keringkan semuanya gan sampe benar2 kering... terutama bagian baterai dan mesin..

Anonim mengatakan... Reply Comment

gan punya ane ane pencet2 tmbol powernya... sumpah panik..... tp skrg lg di keringin..... itu gimana kalo udah di pencet2 tmbol powernya???

MOCH. SAHRODI mengatakan... Reply Comment

@Anonim: gak apa2 gan, ditunggu aja sampe kering, maksimal 2 x 24 jam, agar beberapa elemen benar2 kering. Itupun kalo pake cara di atas. kalo ke tukang servis lain lagi ceritanya.

Anonim mengatakan... Reply Comment

klo kasusnya gni gmna? hp saya kecemplung air awal bulan kmarin. trus hp saya klo dimasukkin batre ke hp nya jdi getar2 gtu. trus 3 hari udh diangin2kan ga idup juga. hopeless, jdi bwa ke service hp tpi tetap ga bisa kata mreka. nahh, bru baca blog ini. kira2 masih bisa idup gga ya? thanks yaa..

Anonim mengatakan... Reply Comment

manjur gan...hp q hidup lg.....

Adam Alt Del mengatakan... Reply Comment

mksih info.y gan..
slam kenal jga yah :)
by adam

klo bsa kunjung blik yah
www.aad.web.id
thanks :)

Anonim mengatakan... Reply Comment

Kalo kerendem banjir gan...????

bayu reza mengatakan... Reply Comment

gan hp ane touchscreen kena air hujan tadi, diidupin ga bisa2 (layarnya ga nyala2), sekarang lagi dikeringin. tapi tadi udah diidupin berkali2, jadi gimana itu gan?

chrein yoel mengatakan... Reply Comment

gan n70 ane kena omabak laut 3 bulan yang lalu terus mati ,, sy cba hidupkan cuman putih aja terus skrang mau saya coba trick agan masih bisa gak? mohon pencerahannya??

Anonim mengatakan... Reply Comment

gan ini layar hp saya tiba2 mati total gimana cara memperbaikiya udh lama ni mati total

rendi hardiansa mengatakan... Reply Comment

Online Shop
Menawarkan Brng BERGARANSI Atau Brng ORIGINAL
Stok Brng Terbatas
Alamat Jl.Hasim Asari No 125 Sentral Jakarta 10150
Cara Pemesanan Online
Sms\HUB:085310120333 PIN BB:24C19401
Bleckbrry
Bleckberry Q5 Rp2.150.000 \Bleckberry torc 9810 Rp1.800.000
Bleckberry Z10 Rp 3.250.000 \Bleckberry Bold9780onyx2 Rp 1.850.000
Bleckberry Q10 Rp4.250.000 \Bleckberry Dakota Bold Rp2.000.000
Bleckberry porcsce p 9881 Rp5.350.000 \Bleckberry Curve 9220 Davis Rp1.250.000
TYPE SAMSUNG
Samsung Galaxy note III N900 Rp 2.650.000
Samsung Galaxy note II Rp 2.450.000
Samsung Galaxy s4 mini I9190 Rp 2.300.000
Samsung Galaxy s4 active Rp 2.250.000
Samsung Galaxy ace 3GT-s7270 Rp 1.350.000
Samsung Galaxy core duos Rp 1.550.000
Samsung Galaxy star 5282 Rp 650.000
Samsung Galaxy Tab 3 8.0 Rp 2.850.000
Samsung Galaxy megha I9200 Rp 1.500.000
Samsung Galaxy Tab 3 7.0 Rp 2.650.000
ADVAN
ADVAN VANDROID T3C Rp 1.650.000
ADVAN S 5F Rp 1.450.000
IPONE
Apple Ipone 5 16GB Rp 3.450.000 Apple Ipone 5 32GB Rp 3.750.000
Apple Ipone 5 64 GB Rp 3.950.000 Apple Ipone 4s 16GB Rp 2.350.000
Apple Ipone 4s 32GB Rp 2.550.000 Apple Ipone 4s 64GB Rp 2.850.000
Apple Ipone 4 16 GB Rp 1.550.000 Apple Ipone 4 32GB Rp 1.750.000
SAMSUNG TAB
Samsung Galaxy Tab 2 10.1 P5100
Rp. 2.150.000
Samsung Galaxy Tab 2 7.0 P3110
Rp. 2.050.000
Samsung Galaxy Tab 2 7.0 P3100
Rp. 2.000.000
Samsung Galaxy Tab 7.7 P6800
Rp. 3.100.000
Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus P6200
Rp. 2.900.000
Samsung Galaxy Tab 10.1 P7510
Rp. 2.450.000
Samsung Galaxy Tab 8.9 P7300
Rp. 1.750.000
Samsung Galaxy Tab Wi-Fi P1010
Rp. 1.400.000
Samsung Galaxy Tab 10.1 3G P7500
Rp. 1.900.000
LENOVO
Lenovo S920 Dual Sim Harga Rp 1.500.000
Lenovo S820 Harga Rp 1.750.000
Lenovo K900 Harga Rp 2.625.000
Lenovo S890 Harga Rp 1.325.000
Lenovo K860 Harga Baru Rp 2.150.000
Lenovo S880 Harga Rp .850.000
SONY
Sony Xperia Sola Rp 1.550.000
Sony Xperia P LT22i Rp 2.150.000
Sony LT26i Xperia S Rp 2.250.000
Sony Xperia LT26ii SL Rp 2.150.000
Sony Xperia Acro S LT26W Rp 2.550.000
HTC ANDROID
HTC One Rp 2.850.000
HTC Butterfly Rp 2.550.000
HTC One X+ Rp 2.350.000
HTC Windows Phone 8X Rp 1.950.000
HTC Windows Phone 8S Rp 1.450.000
NOKIA
Nokia 1800 R 80.000
Nokia 200 Asha Rp 350.000
Nokia 202 Asha Rp 400.000
Nokia 110 Rp 80.000
Brng Bsa Kami Kirim Luar Jakarta Tentunya Lewat Tki\Jne

Poskan Komentar

Popular Posting

Link & Banner

Binus Hacker - Independent Hacking Community
Tips Kecantikan
CeritaKu-Blognya_Teman
SAHABATKU
yunizar.com
 MasTer Q | Cinta | Cerita Motivasi | Blog | Facebook |  Hikmah
Ilmu Blogger

Update Status FB