Total Tayangan Laman

Selasa, 03 Januari 2012

Tips And Trik Merawat (Menggunakan) Laptop / Netbook

Gak terasa sudah memasuki tahun 2012, zaman teknologi kata orang. Benar, teknologi sudah berkembang pesat bahkan teknologi sudah menjadi bagian penting dalam aktivitas sehari-hari, apapun itu baik dari yang kecil hingga urusan yang lebih besar tak kan jauh-jauh dari teknologi. Handphone yang dulunya merupakan barang mewah sekarang tak lagi dan sudah menjadi kebutuhan pokok termasuk juga komputer. Nah, berbicara komputer hampir semua kalangan sudah menjadikan komputer sebagai kebutuhan. Di kantor ane misalnya, 100% sudah bisa mengoperasikan komputer bahkan 90% diantaranya sudah punya laptop / netbook. Cieeeh... hehehe,,,, kayak penulis aja ane kasi pembukaan tentang postingan ini...


So, dari pada ngomong ngalor ngidul (bicara gak jelas) langsung aja pada pokok permasalahan OK... kali ini ane bakal kasi tips / cara merawat dan menggunakan laptop / netbook dengan benar. Seperti yang ane katakan di atas saat memang ini hampir semua kalangan telah menggunakan laptop / netbook dalam menjalankan aktivitas, seperti mengajar (bagi guru dan dosen), mencari tugas bagi siswa dan mahasiswa, surfing, chatting, atau sekedar mengetik tugas (karyawan kantor), facebukan (facebook), twitter-an dan nge-blog seperti ane. Laptop / Netbook memiliki beberapa keunggulan seperti praktis yang bisa dibawa kemana aja dan bisa bekerja dengan baterai tiga jam atau lebih pada laptop / netbook baru. Nah bagaimana agar kemampuan laptop / netbook kita tetap seperti baru?

Gak praktis memang kalo kita harus selalu nyolokin kabel laptop / netbook saat mengoperasikannya, yah apa bedanya dengan PC dong? Selain tidak semua tempat menyediakan colokan listrik juga ketersediannya sangat terbatas, jadi ente juga harus bawa cable round agar bisa berbagi… hm, repot banget kan?

 Let's Joined.......

Lakukan defragment secara teratur
Semakin cepat kinerja hard drive maka semakin hemat baterai, oleh karena itu buat hard drive ente se-efisien mungkin dengan melakukan defrag secara teratur. Cara mendefrag klik START, kemudian All programs lalu Accessories, pilih Sistem Tools dan klik Disk Defragmenter. Lalu lakukan defrag untuk masing-masing partisi pada laptop / netbook ente. Lakukan disk defragment ini secara rutin. Jika hal ini belum pernah dilakukan maka hal ini akan cukup memakan waktu.

Kurangi cahaya monitor
Untuk menghemat energi baterai, kurangi cahaya monitor laptop / netbook sampai batas toleransi yang sesuai untuk mata ente. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan keyboard seperti laptop / netbook dengan menekan key Fn dan secara bersamaan. Semakin sedikit pencahayaan semakin panjang masa menggunkan battery.

Hindari menyambung kabel terus-menerus
Kebiasaan mencolokkan kabel saat baterai telah penuh adalah awal kerusakan baterai. Jika baterai telah penuh lepaskan kabel pengecasan. Maka selalu awasi kode lampu yang menunjukkan baterai telah penuh, segera lepaskan kabelnya. Sehingga laptop / netbook bekerja dengan baterai. Selain itu ente juga dapat melepas baterai dan hanya menggunakan listrik saja, namun ini beresiko kehilangan data jika listrik mendadak mati.

Matikan program yang tidak perlu
Jika ente tidak menggunakan program tersebut sebaiknya dimatikan, misalnya: Itunes, Desktop Search, dan lainnya. Program-program ini menambah beban CPU dan baterai. Matikan semua program yang tidak penting jika ente sedang menggunakan laptop / netbook dengan baterai.

Matikan hardware eksternal
Alat-alat eksternal yaitu yang disambung dengan USB (termasuk mouse dan cooling pad) dan WiFi, atau printer yang selalu terpasang ke Laptop / netbook, semuanya menyedot tenaga baterai. Cabut atau matikan.

Ganti mouse dan keyboard wireless
Jika ente memang harus menggunakan mouse dan keyboard ekternal, maka gunakan perangkat yang menggunakan kabel bukan wireless mouse. Hal ini dikarenakan mouse dan keyboard yang memiliki kabel relative menghabiskan sedikit energi dan lebih menghemat penggunaan baterai.

Tambahkan RAM
Jika sering menggunakan program yang membutuhkan memory besar, sebaiknya ente menambah RAM laptop / netbook ente. Penggunaan virtual memory lebih membebani hard drive sehingga baterai laptop/ netbook lebih cepat habis.

Gunakan hard drive daripada CD/DVD
Walaupun hard drive banyak menghabiskan tenaga baterai, tetapi CD dan DVD menghabiskan energi lebih banyak lagi, bahkan ketika mereka tidak sedang digunakan. Jika memungkinkan simpan dalam harddisk ente. Akan lebih baik jika menggunakan program virtual drive seperti Alcohol 120%.

Jaga kebersihan baterai
Coba buka baterai yang terdapat dibagian bawah laptop / netbook dan bersihkan besi yang menjadi penghubung energi baterai dengan laptop / netbook secara teratur, sehingga transfer energi dari baterai  menjadi lebih efisien.

Jaga kondisi baterai
Tidak baik untuk membiarkan baterai yang terisi dalam keadaan dorman untuk jangka waktu yang lama. Setelah diisi, sebaiknya menggunakan baterai tersebut setidaknya sekali dalam 2-3 minggu. Satu hal yang harus diingat, jika baterai laptop / netbook ente Li-On maka jangan pernah menggunakannya sampai benar-benar habis.

Pilih hibernate, jangan standby
Seringkali kita membuat laptop / netbook dalam mode standby sehingga dapat langsung aktif saat disentuh walaupun ditinggal tidur. Hal ini memang menghemat baterai dan entedapat langsung menggunakan laptop / netbook kapan saja. Tetapi sebenarnya laptop / netbook ente tidak benar-benar mati.
Maka, sebaiknya gunakan fungsi hibernate yang dapat menghemat energi listrik jauh lebih banyak karena fungsi ini benar-benar mematikan laptop / netbook jika tidak disentuh dalam kurun waktu yang ente tentukan sendiri.
Untuk melakukan hibernate bisa dilakukan pada control panel atau pada layar depan dengan mengklik kanan dan mengambil Properties, Screen Saver, dan pilih Power yang berada di kanan bawah. Silahkan atur waktu hibernation-nya.
Setelah hibernate, jika ente menekan tombol power, ia akan kembali seperti sebelum saat mati. Jadi ente dapat meneruskan tugas ente atau tulisan ente. (Tunggu paling sedikit 30 detik untuk menyalakan ulang laptop / netbook).

Jaga suhu laptop / netbook
Laptop / netbook akan berfungsi dengan lebih efisien jika suhunya lebih dingin. Maka bersihkanlah ventilasi udaranya dengan kain halus atau pembersih keyboard. Bila menggunakan pelindung keyboard, lepaskan jika suhu terasa meningkat.

Jangan menggunakan laptop / netbook di tempat tidur/Bantal/Karpet Tebal
Lho emang kenapa? Begini bila bagian bawah laptop / netbook tertutup, hal ini akan meningkatkan suhu laptop / netbook. Jadi menggunakan laptop / netbook dengan beralaskan bantal adalah suatu ide yang buruk karena akan menutupi ventilasi udara. Bila benar-benar ngebet pengen ngetik di tempat tidur, ya beli aja meja kecil tempat meletakkan laptop/ netbook ente.
Pikirkan juga bila ente menggunakan pembungkus laptop / netbook yang menghalangi ventilasi. Demikian juga jika ente menggunakan laptop / netbook di atas permukaan yang lunak (sejenis karpet tebal) yang dapat mengakibatkan ventilasi tidak lancar.

Atur ‘power options’ supaya optimal
Pilih ‘Power Options’ di control panel dan aturlah supaya penggunaan energi laptop / netbook tetap optimal (pilih Max Battery) untuk efek maksimum).

Hindari multitasking
Lakukan sesuatu secara satu persatu jika enten sedang menggunakan laptop / netbook dengan baterai. Jangan bekerja dengan multitasking jika ente memang ingin menghemat baterai karena hal ini menguras energi.

Kurangi beban CPU
Aktifitas seperti email dan word processing yang bebannya kecil untuk CPU laptop / netbook, menggunakan tenaga baterai lebih kecil daripada menjalankan winamp apalagi game atau menonton DVD, pasti cepat habis. Jadi pilih prioritas dengan bijaksana.

Kurangi beban grafis
Ente bisa melakukan hal ini dengan mengganti resolusi layar dan mematikan driver grafis yang tidak dibutuhkan. Graphic card atau video card sama borosnya seperti hard disk dalam menghabiskan energi baterai.

Matikan Laptop / Netbook
Jika ente tidak menggunakannya untuk beberapa jam, seperti di waktu tengah malam sebaiknya ya matikan saja. Ente masih dapat menghemat energi, walaupun laptop / netbook ente mungkin tidak mati dengan sempurna, yakni dengan men-setting fungsi management power pada computer ente untuk membuat monitor dan computer (CPU, harddisk, dan sebagainya) dalam mode ‘sleep’ setelah beberapa jam tidak digunakan. Hal tersebut dapat menghemat energi ketika ente tidak aktif menggunakan computer. Tapi seperti telah disebutin di atas, hibernation lebih irit lagi.
Jika ente ingin menyalakan laptop / netbook kembali setelah dimatikan, tunggu kira-kira 30 detik agar harddisk lebih awet.

Beli baterai baru
Bila laptop / netbook ente tetap tidak bisa tahan, kemungkinan baterainya telah rusak. Tapi gak apa-apa, it's okay,  ada langkah yang cukup bagus dengan cara membeli baterai baru dan menghindari semua kebiasaan buruk terutama menggunakan laptop / netbook saat dicolokin ke listrik.

Beli laptop / netbook baru
Namun jika langkah diatas juga tidak ”mempan” mungkin cara terakhir ini cara mungkin yang paling mudah namun bukan berarti paling murah. Jadi jika ente punya budget yang cukup beli aja laptop / netbook yang  baru. Saat ini telah hadir laptop / netbook yang semakin efisien telah mencapai suatu titik dimana bahkan para produsen kini telah berani menjanjikan baterai yang dapat tahan satu hari penuh.

Menyalakan Laptop / netbook dengan Tanpa Batery
Mungkin ente semua sudah sering mendengar bagaimana jika menggunakan laptop / netbook langsung tanpa batery (AC) dalam artian langsung kabel dipasang dan batery-nya dilepas. Hal ini boleh dilakukan dan akan dapat menjaga kondisi batery tetap awet. Namun, jika listrik sering mati mendadak mungkin ini beresiko kerusakan program atau kehilangan data. Pada intinya ya boleh lah,  namun jangan terlalu lama membiarkan batery dalam keadaan tidak terpakai (idle/unused) terlalu lama. Hal ini juga bisa merusak batery.





REFERENSI:

9 komentar:

hadi suharmoko mengatakan... Reply Comment

mantap gan..,

MOCH. SAHRODI mengatakan... Reply Comment

@hadi suharmoko:

Thanks gan....

rumah dijual mengatakan... Reply Comment

info yang sangat mantab tw,, saya sering menggunakan laptop tw di atas bantal n saya baru tahu kalo itu tidak bagus.. thx ya ats infonya:)

MOCH. SAHRODI mengatakan... Reply Comment

@rumah dijual: sama-sama sob... thanks sudah berkunjung....

alau mengatakan... Reply Comment

apa aman mencoba tips dari kaka ni,,,
entar ngpa" pula

MOCH. SAHRODI mengatakan... Reply Comment

@alau:Gak ada yang sempurna di dunia ini, hehe tapi sejauh ini dan sepengalaman saya aman-aman saja kok asal gak dibanting/kena duduk tuh yang namanya laptop/netbook-nya. Hehehe

modung_bangkalan mengatakan... Reply Comment

heee...., berguna banget buat newbie kaya ane, thx gan infonya

MOCH. SAHRODI mengatakan... Reply Comment

@modung_bangkalan: sama-sama brade.... matur thank you sudah tersesat dimari...

Sabri Alimi mengatakan... Reply Comment

kendala ane ga,listrik di rumah kualitasnya jelek gan. masa sampe sudut2 netbook ane juga nyetrum?!?! Parah! udah ane kasi stavolt yg ane tambahin ground di trafo di dalem stavoltnya jg g mempan. ada solusi gan? asal g pindah rumah aja. thanx

Poskan Komentar

Popular Posting

Link & Banner

Binus Hacker - Independent Hacking Community
Tips Kecantikan
CeritaKu-Blognya_Teman
SAHABATKU
yunizar.com
 MasTer Q | Cinta | Cerita Motivasi | Blog | Facebook |  Hikmah
Ilmu Blogger

Update Status FB